Sunday, August 14, 2011

Ibu Pertiwi

Indonesia tanah air beta,

Pusaka abadi nan jaya.

Indonesia sejak dulu kala,

Tetap di puja-puja bangsa.

Di sana tempat lahir beta,

Dibuai dibesarkan Bunda.

Tempat berlindung di hari tua.

Sampai akhir ku menutup mata.


Salut saya kepada sang penyair yang telah menuliskan lirik terindah ini. Lagu ini, bagi saya, menggambarkan perasaan yang sebenarnya terhadap tanah air ini, yang walaupun selama ini telah saya hujat karena oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang merajalela menghancurkan segalanya, tetapi tidak ingin saya tinggalkan selamanya.

Di sini tempat saya dilahirkan, tempat saya berpijak pertama kali dan mengenal dunia. Di sini tempat saya dibesarkan, tempat saya belajar nilai-nilai kehidupan. Di sini pula lah tempat saya ingin dibaringkan di peristirahatan yang terakhir, tempat nenek moyang saya berkelana dan berteduh sepanjang hidupnya.

Jiwa itu ada di dalam saya.

Sejauh apapun saya melangkah, ingatan itu akan terus ada. Dan ingatan saya akan kearifan bangsa yang tak ternilai lah yang akan membawa saya kembali di sini, ibu pertiwi.

No comments: