Wednesday, June 11, 2014

Kadang Kadang oh Kadang Kadang

Pengen ya bilang kadang-kadang. Kadang emang gue kerjaannya cuma ngepoin Facebook orang sih. Gatau ya, yang dikepoin sadar atau ga. Tapi udah berkali-kali gue bilang ke anaknya kalo kerjaan dia itu membahagiakan 2099. Membahagiakan as in lo punya kesempatan untuk 'love what you do and do what you love at the same time'. Gue ga yakin sih semua orang bakal punya kesempatan yang sama, ga banyak, setau gue, orang di dunia ini yang punya kesempatan menemukan apa yang dia suka, dan menjadikan apa yang disukainya itu jadi pekerjaan. Intinya sih, gue lumayan pengen jalan-jalan ke tempat baru, dan dibayar. Ya kaya si sohib gue ini lah. 

Gue gatau sih, mungkin kurang banyak dan berani ngorek-ngorek. Gue gatau seberapa dia enjoy, tapi keliatannya ya, dia enjoy sih. 

Dulu, orang yang 'deket' dan 'spesial' banget buat gue pernah bilang, "Lo harusnya ga bangga kalo lo jalan-jalan karena lo bayar sendiri. Lo harus bangga kalo lo jalan-jalan karena ikut kompetisi, atau seminar, atau apaan kek...' 

Well, gue gatau kenapa gue jadi inget kata-kata orang itu lagi. Yang pasti, gue merasa gue bakal bahagia kalo kerjaan gue itu jalan-jalan doang tiap waktu. 

Dan ada gap dengan mimpi itu dengan apa yang gue kerjain sekarang --selain ngepoin Facebook si temen gue itu loh ya...

Gue lagi nulis soal 'Education in Indonesia', nyiapin paper buat representasi organisasi gue untuk presentasi di depan Wakil Menteri Pendidikan, Anies Baswedan, Prof. Surya, dsb. Mungkin buat orang itu menarik kali ya, buat gue menarik juga sih. Di organisasi tempat gue kerjain sekarang, mereka punya jutaan data soal jutaan hal, termasuk education, yang notabene adalah passion gue. Kadang gue pikir-pikir, akan sangat baik kalo melihat permasalahan secara langsung, ga diwakilin sama kertas kaya yang gue kerjain sekarang. Akan sangat baik kalo gue bisa punya pengalaman langsung dengan orang-orang yang diceritain di kertas ini. 

Cuma, kalau dipikir-pikir lagi, dan kalo dikaitin sama hasil tes psikologi gue pagi ini, gue anaknya ternyata ga seambisius itu. In fact, 'need for achievement' gue bisa dibilang di bawah rata-rata orang normal kebanyakan. Nah loh.. Yang bener yang mana? Di satu sisi temen-temen gue bilang gue anaknya super ambisius, ga pernah puas, hard to please, dsb. Di sisi lain, bos gue bilang gue kurang ambisius. Justru gue harus pergi ke luar negeri buat dapet referensi orang ambisius yang sebenernya itu kaya gimana. Hahaha.. Bingung kan kalo jadi gue? Ambisius atau ga nih ceritanya?

Terus apa hubungannya sama ngepoin Facebook? 

Hubungannya adalah, saking ga ambisiusnya gue, gue lebih banyak waktu nyantai-nyantai di kantor ngepoin Facebook dibanding mikirin masalah terus nyelesain masalah yang ada. Paper gue tadi harus nganggur untuk sementara karena gue lagi super kepo liat foto-foto bahagia temen gue tadi (dan sesungguhnya beberapa orang lainnya). 

Kadang-kadang, oh kadang-kadang, gue sebenernya malu sih sama diri gue sendiri. Gue suka bertanya-tanya apa aja yang udah gue buat di hidup ini. Kalo kata bos gue, bandingin lah diri lo sama Malala yang umurnya masih belasan tapi udah berjuang supaya anak-anak perempuan di daerahnya bisa sekolah. 

Kalo dibandingin sama si 'spesial', tiap hari dia bangun pagi pulang malem, ngerjain apa yang dia suka, dapetin benefit out of it, tapi tetep punya side projects pro bono yang beneficial buat orang lain. He actually juggles his time superbly sampe masih punya waktu dinner sama gue coba. 

Kayanya gue lebih baik ambil tes psikologi aja deh. Buat tahu sebenernya strength gue itu ada di mana. Ga jarang loh gue mikir sebenernya gue beneran ambisius atau ga. Kalo iya, kenapa gue lebih sering nyantai-nyantai ya dibanding bekerja? Kenapa ya gue jadi anak labil dan super kontradiktif gini?

Bingung ya? Sama dong.

No comments: